Jumat, 14 April 2017

Makalah: Dampak Narkoba Bagi Generasi Muda



DAMPAK NARKOBA BAGI REMAJA

MAKALAH

Diajukan sebagai bahan ujian praktek Bahasa Indonesia

Disusun Oleh:
Nama   : RANI MUSTIKA SARI
Kelas   : IX A



PEMEIRNTAH KABUPATEN MAJALENGKA
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 BANJARAN
TAHUN 2017


Makalah ini telah disetujui untuk diajukan sebagai bahan ujian praktek oleh:


Guru Mata Pelajaran,





ASEP ABDUL MUIS, S.Pd.M.Pd.
NIP. 196708091992021001
Wali Kelas IX A





EUIS HERLINA, S.Pd.
NIP. 196406301984122003



Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Banjaran





Drs. H. KOMARUDDIN
NIP. 196303041986101005



HALAMAN PERSEMBAHAN


Keberhasilan tidak datang secara tiba-tiba, tapi karena usaha dan kerja keras.

Lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali.













Dipersembahkan untuk Bapak Guru bahasa Indonesia, keluarga dan teman tersayang yang telah menjadi pembimbing dan penyemangat dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini.
KATA PENGANTAR


          Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Dampak Narkoba Bagi Remaja”.
          Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
         Penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, Penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, Penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan, saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini. Dan semoga sengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca dan teman-teman. Amin…





DAFTAR ISI

Halaman Judul.............................................................................................   i
Halaman Pengesahan...................................................................................   ii
Halaman Motto............................................................................................   iii
Kata Pengantar.............................................................................................   iv
Daftar Isi......................................................................................................   v
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang....................................................................................   1
B.     Rumusan Masalah...............................................................................   1
C.     Tujuan..................................................................................................   2
D.     Manfaat Penulisan ..............................................................................   2
BAB II PEMBAHASAN
A.     Pengertian Narkoba.............................................................................   3
B.     Jenis-jenis Narkoba..............................................................................   3
C.     Penyebab Seseorang Mengkonsumsi Narkoba....................................   4
D.    Bahaya Narkoba Bagi Penggunanya....................................................   5
E.    Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Narkoba.................   6
BAB III PENUTUP
A.     Kesimpulan.........................................................................................   7
B.     Saran....................................................................................................   7
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................   8







BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Narkoba sering sekali kita dengar dan bukan menjadi barang yang awam dalam kehidupan sekarang ini, apalagi di dunia pendidikan di Indonesia. Banyak dari siswa – siswi yang kurang mengetahui akan bahaya narkoba bagi masa depan mereka, yang lebih parah lagi banyak sekali siswa mencoba narkoba karena sifat penasaran. Hal ini dikarenakan banyaknya jenis narkoba yang telah beredar di seluruh wilayah Indonesia.
Tidak hanya dikonsumsi oleh remaja di lingkungan sekolah, narkoba juga bahkan dikonsumsi oleh para pejabat pemerintahan dan aparat negara.
Narkoba sangat cepat menyebar, mulai dari kota – kota besar hingga  sekarang ini mungkin penyebarannya sudah masuk ke desa – desa. Narkoba mudah masuk dan berkembang di dunia pendidikan. Hal itu dikarenakan pada zaman sekarang ini para siswa terlalu bebas dalam pergaulan kurangnya kontrol dari orang tua siswa.
 Narkoba dan Narkotika kini menjadi permasalahan yang kompleks karena tidak saja hanya mengancam pelakunya namun juga berdampak pada lingkungan sosial dengan meningkatnya kriminalitas yang diakibatkan pengaruh dari zat yang terkandung di dalam narkoba.
Narkoba sangat mengancam keutuhan Bangsa dan Negara Indonesia, hal ini dikarenakan apabila seluruh generasi muda di Indonesia telah hancur dan rusak maka akan menghancurkan masa depan Negara Indonesia di masa yang akan datang.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dalam latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apa yang dimaksud dengan narkoba?
2. Apa saja jenis – jenis narkoba?
3. Apa yang menyebabkan seseorang mengkonsumsi narkoba?
4. Bagaimana penyebaran narkoba di Indonesia?
5. Bagaimana bahaya narkoba bagi penggunanya?
6. Bagaimana upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba?

C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan Karya Tulis ini adalah:
1.      Mengetahui pengertian narkoba.
2.      Mengetahui jenis – jenis narkoba.
3.      Mengetahui penyebab seseorang mengkonsumsi narkoba.
4.      Mengetahui bahaya narkoba bagi penggunanya.
5.      Untuk mengetahui upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba

D.     Manfaat Penulisan

1.      Untuk pengarang/Penulis
Dapat mengetahui pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba, penyebab seseorang mengkonsumsi narkoba, bahaya narkoba bagi penggunanya serta upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba.
2.      Untuk Pembaca
Dapat memahami bahaya dan dampak buruk narkoba bagi kehidupan masa depan.
3.      Untuk Lembaga Sekolah
Untuk menambah data dan sampel makalah atau karya tulis ilmiah di perpustakaan dan memberikan siswa pengalaman dan pembelajaran dalam menyusun karya tulis.









BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Narkoba
Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotikapsikotropika, dan zat adiktif.
Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "napza", mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.
Narkotika yang sama sekali tidak boleh digunakan dalam pengobatan adalah narkotika golongan 1 (Kokain, Heroin, Ganja) dan  psikotropika  golongan 1(LSD, Ekstasi ) karena bukan tergolong obat, dan menyebabkan ketergantungan tingkat tinggi.
Narkotika menurut UU RI No 22 / 1997, Narkotika, yaitu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.
Psikotropika yaitu zat atau obat, baik alami maupun sintesis bukan narkotik yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf dan menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku.

B. Jenis – Jenis Narkoba
1. Morfin
Morfin berasal dari kata morpheus (dewa mimpi) adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat yang ditemukan pada opium. Zat ini bekerja langsung pada sistem saraf pusat sebagai penghilang rasa sakit.

2. Heroin
Heroin dihasilkan dari pengolahan morfin secara kimiawi. Akan tetapi reaksi yang ditimbulkan heroin menjadi lebih kuat dari pada morfin itu sendiri, sehingga mengakibatkan zat ini sangat mudah menembus ke otak.
3. Ganja
Ganja adalah tumbuhan budidaya yang menghasilkan serat, kandungan zat narkotika terdapat pada bijinya.  Narkotika ini dapat membuat si pemakai mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab).
Tumbuhan ini telah dikenal manusia sejak lama, seratnya digunakan sebagai bahan pembuat kantung, dan bijinya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak.
Awalnya, tanaman ini hanya ditemukan di negara-negara beriklim tropis. Namun belakangan ini, di negara-negara beriklim dingin pun telah banyak membudidayakan tanaman ini, yaitu dengan cara dikembangkan di rumah kaca.
4. Kokain
Kokain merupakan berasal dari tanaman Erythroxylon coca di Amerika Selatan. Biasanya daun tanaman ini dimanfaatkan untuk mendapatkan efek stimulan, yaitu dengan cara dikunyah. Kokain dapat memicu metabolisme sel menjadi sangat cepat.

C. Penyebab Seseorang Mengkonsumsi Narkoba
Terdapat 3 faktor (alasan) yang dapat dikatakan sebagai pemicu seseorang dalam penyalahgunakan narkoba. Ketiga faktor tersebut adalah faktor diri, faktor lingkungan, dan faktor kesediaan narkoba itu sendiri.
a. Faktor Diri
Faktor diri adalah faktor atau dorongan yang berasal dari diri seseorang itu sendiri yang menyebabkan dirinya mengkonsumsi narkoba. Faktor diri terdiri dari beberapa macam sebagai berikut :
1.      Keingintahuan yang besar untuk mencoba, tanpa sadar atau berfikir panjang tentang akibatnya di kemudian hari.
2.      Keinginan untuk bersenang – senang.
3.      Lari dari masalah dan kebosanan hidup.
4.      Keinginan untuk dapat diterima dalam suatu kelompok atau lingkungan tertentu.
5.      Kecanduan rokok dan minuman keras, hal ini yang merupakan gerbang ke arah penyalahgunaan narkoba.
6.      Pemahaman yang salah bahwa mengkonsumsi narkoba sekalli saja tidak akan menimbulkan masalah.
b. Faktor Lingkungan
Faktor Lingkungan adalah faktor yang berasal dari lingkungan dimana orang itu tinggal, sekolah, dan bergaul. Faktor lingkungan terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut :
1.      Masalah dalam keluarga
2.      Lingkungan keluarga yang tidak harmonis.
3.      Lingkungan sosial yang penuh persaingan dan ketidakpastian.
4.      Kehidupan perkotaan yang hiruk pikuk.
5.      Lingkungan pergaulan atau komunitas yang salah satu atau beberapa anggotanya menjadi penyalahguna atau pengedar narkoba.
6.      Teman sekolah yang menjadi pengguna atau pengedar narkoba.
7.      Hilangnya pengawasan masyarakat dari lingkungan social.
c. Faktor Ketersediaan Narkoba
Narkoba itu sendiri menjadi pendorong seseorang untuk mengkonsunsi narkoba dikarenakan beberapa hal sebagai berikut :
1.      Narkoba semakin mudah didapat dan dibeli.
2.      Harga narkoba semakin murah dan dijangkau oleh daya beli masyarakat.
3.      Narkoba semakin beragam dalam jenis, cara pemakaian, dan bentuk kemasan.
4.      Bisnis narkoba menjanjikan keuntungan yang besar.
5.      Perdangan narkoba dikendalikan oleh sindikat yang kuat dan profesional.

D. Bahaya Narkoba Bagi Penggunanya
Penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda kian meningkat, maraknya penyimpangan perilaku tersebut dapat membahaykan kehidupan bangsa di kemudian hari, karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa. Semakin hari generasi muda yang mengkonsumsi narkoba semakin rapuh karena di gerogoti narkoba dan zat – zat adiktif yang menghancurkan syaraf sehingga generasi muda tidak dapat berpikir jernih.
Bagaimana pemuda akan menjadi generasi penerus bangsa jika bila mengurus diri sendiri sudah tidak bisa. Akibatnya generasi harapan penerus bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal harapan.
Penyalahgunaan obat jenis narkoba sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf. Narkoba menimbulkan perubahan perilaku, perasaan, persepsi,dan kesadaran.

E. Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Narkoba
Upaya pencegahan penyebaran narkoba di kalangan generasi muda sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama, dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman dari narkoba.
Adapun upaya – upaya lebih kongkret yang dapat dilakukan adalah melakukan kerja sama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba, atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin.
Kemudian pendampingan dari orang tua siswa itu sendiri dengan memberikan perhatian dan kasih saying.
Pihak sekolah harus melakukan pengawasan yang ketat terhadap gerak-gerik anak didiknya, karena biasanya penyebaran (transaksi) narkoba sering terjadi di sekitar lingkungan sekolah.
Yang tak kalah penting adalah, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa.
Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak - anak ke dalam jerat narkoba ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka pelajari dan mereka serap, sehingga perbuatan tercela seperti ini pun, akhirnya mereka lakukan.



BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari isi dari karya tulis di atas, maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1.      Narkoba adalah zat yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecanduan.
2.      Jenis narkoba sudah banyak sekali, baik dari segi bentuknya maupun efeknya terhadap si pengguna.
3.      Penyebab seseorang mengkonsumsi narkoba terdiri atas beberapa faktor, yaitu faktor diri, faktor lingkungan, dan faktor ketersediaan narkoba.
4.      Penyalahgunaan obat jenis narkoba sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf.
5.      Pencegahan bahaya narkoba dapat dilakukan oleh orang tua, pihak sekolah, dan lingungan masyarakat. Jika telah menjadi pecandu narkoba, upaya yang dilakukan untuk menanggulangi bahayanya adalah dengan langkah represif, pengobatan, dan rehabilitasi.

B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat memberi saran sebagai berikut.
1.      Jangan sekali – kali mengkonsumsi narkoba, karena jika telah mengkonsumsi narkoba maka akan mengakibatkan kecanduan.
2.      Orang tua, pihak sekolah, dan masyarakat harus bekerja sama dalam mencegah pelajar/seseorang mengkonsumsi narkoba.
3.      Orang tua harus lebih perhatian terhadap anak dan memberikan nasehat yang dapat memotivasi anak agar dapat meningkatkan prestasi dan menghindari diri dari narkoba dan harus mengetahui apa yang dilakukan anak diluar rumah.
4.      Bagi generasi muda narkoba, janganlah mengkonsumsi narkoba karena narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan sehingga merusak masa depan.

DAFTAR PUSTAKA

Apandi, Yusuf. 2010. Katakan Tidak Pada Narkoba. Jakarta : Simbiosa Rekatama Media.
Rozak, Abdul. 2006. Remaja dan Bahaya Narkoba. Jakarta : Prenada Media.
Supardan, Dadan. 2006. Meniti Masa Depan Menjauhi Narkoba. Jakarta Pusat : PT Mediantara Semesta.
Suyadi. 2013. Mencegah Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta : Andi Publisher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERGAULAN BEBAS DI KALANGAN REMAJA

PERGAULAN BEBAS DI KALANGAN REMAJA Walaupun tidak sesuai dengan norma dan aj...